Mencari ketenangan dan memacu adrenalin : Kawasan Wisata Situ Gunung

Waktu akhir pekan yang sempit membuat orang-orang memilih untuk berlibur ke tempat yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Selain waktu, berlibur ke tempat yang lebih dekat biasanya lebih hemat dalam biaya.

Bagi warga Jakarta mungkin Bandung dan Puncak menjadi kawasan yang sangat digemari. Namun, apabila anda bosan ke 2 tempat tersebut coba-lah berbelok ke arah Sukabumi, karena di sana ada tempat yang cocok untuk liburan bersama teman ataupun keluarga.

Situ Gunung terletak di Cisaat-Sukabumi, dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Walau jaraknya cukup jauh dibandingkan kita menuju puncak, tetapi pemandangan dan suasana yang disajikan tidak kalah menarik dibandingkan dengan Puncak.

Wisata Situ gunung menawarkan wisata-wisata yang cukup menarik, misalnya saat anda menyukai liburan yang santai anda bisa bersantai di rerumputan sambil menyantap makanan ditemani indahnya pemandangan danau situ gunung. Bila kamu ingin bermain air bisa pergi ke Air terjun Sawer yang masih dalam 1 komplek. Penyuka adrenaline? Di sini juga terdapat wahana outboud dan kita juga bisa river tubing, menarik bukan? Lelah dengan semua itu kita tak usah jauh apabila ingin bermalam, dalam satu komplek situ gunung terdapat camping ground.

Camping, mungkin terdengar merepotkan, apalagi jika pergi bersama keluarga.Tapi kita tak usah khawatir, karena di Tanah Kita (masih dalam kawasan Situ Gunung) sudah disediakan tenda besar namun bisa dibilang ini adalah tenda manja. Di dalamnya ada kasur, lampu, bahkan colokan untuk listrik. Fasilitas lain seperti makanan yang sudah disiapkan, kamar mandinya pun ada air panas nya, menarik bukan?

Suasana Tanakita cek di youtube jalan-jalanmen:

https://www.youtube.com/watch?v=iam31yGGJKg

Ada beberapa pilihan untuk sampai ke Cisaat, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Apabila menggunakan angkutan umum kita lebih baik menggunakan kereta, yaitu kita naik Commuter line sampai bogor, lalu dari bogor kita menuju sukabumi menggunakan kereta kembali dan turun di Cisaat. Dari St.Cisaat kita bisa men-carter angkot sampai ke Situ Gunung.

Selama berlibur di Kawasan wisata Situ gunung saya sarankan berdandanlah yang nyaman, jangan menggunakan jeans atau apapun yang memberatkan, karena trekking di kawasan tersebut tergolong cukup berat.

Harga tiket masuk: 18.500 (sudah semua wisata)

Di bawah adalah video perjalanan saya saat berada di sana. Enjoy! 🙂

Leave a Reply