Indahnya Bentangan Hijau : Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu, tidak sedikit orang menyebutnya sebagai Gunung Rinjani-nya Pulau jawa (dari sudut pemandangan). Apa betul? entahlah, saya sendiri belum pernah mendaki Gunung Rinjani. Februari lalu ditengah curah hujan yang ternyata semakin tinggi saya nekat untuk mendaki Gunung Merbabu.

Gunnug merbabu

Transportasi

Gunung Merbabu memiliki jalur pendakian yang cukup banyak. Di antaranya Via Selo, Kopeng, Wekas dan jalur terbaru adalah Suwanting. Untuk menuju titik awal pendakian juga terdapat beberapa pilihan. Contohnya untuk menuju jalur pendakian Selo kita bisa dari Magelang atau boyolali. Jalur pendakian Wekas dari magelang. Jalur pendakian Kopeng dari Salatiga dan Jalur pendakian Suwanting dari Magelang.

Untuk menuju jalur pendakian via Selo, saya pergi menuju Yogjakarta menggunakan kereta api. Dari Yogjakarta kami menuju Magelang (Desa Selo) dengan menggunakan motor sewaan. Kami sewa motor di dekat Stasiun Tugu Yogya dengan harga sewa Rp 80.000/24 jam dan hanya memerlukan jaminan KTP. Perjalanan yang kami tempuh menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam.

Merapi berselimut awan

Pendakian 

Sesampainya di desa Selo, kami beristirahat di Basecampe Pak Parman. Basecamp ini adalah base camp yang paling sering disinggahi oleh para pendaki.

Treking MerbabuPendakian kami mulai setelah makan siang yaitu sekitar jam setengah 1. Walau di bulan Februari curah hujan tinggi dan sebelumnya saya mendapat kabar bahwa Jogja diguyur hujan hampir setiap hari. Ternyata siang itu cuaca cerah, membuat kami semakin semangat untuk memulai pendakian.

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo memiliki beberapa pos, diantaranya adalah Pos 1 sampai Pos 3 lalu Sabana 1 dan Sabana 2. Tempat yang biasa dijadikan untuk berkemah adalah Pos 3, Sabana 1 dan Sabana 2. Namun tempat terbaik mendirikan tenda apabila ingin mencapai puncak adalah Sabana 2.

Pendakian Menuju Sabana 2

Pendakian Gunung Merbabu via Selo terkenal akan pemandangannya yang sangat indah, namun juga pendakian ini terkenal akan jalurnya yang panjang.

Waktu yang kami habiskan hingga sampai di Sabana 2 adalah 4.5 jam, dan untuk summit dari sabana 2 ke puncak membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam pendakian.

Gunung Merbabu mempunyai 3 puncak yaitu Puncak Trianggulasi (3142 Mdpl) , Puncak Kenteng Songo (3142 Mdpl) dan Puncak Syarif.

Pemandangan dari Puncak Kenteng Songo

Tips Mendaki Gunung Merbabu Via Selo dari Jogja:

  • Mendaki merbabu bisa dilakukan tanpa cuti. Berangkatlah jumat malam atau usahakan sabtu pagi sudah di Jogja. Apabila hanya 1-2 orang lebih baik mengendarai motor, atau jika lebih bisa menggunakan mobil untuk mencapai Desa Selo.
  • Mulailah pendakian Jam 11-13 agar tidak terlalu malam sampai di Sabana II.
  • Bawalah alat gunung yang memadai, dan bawalah air sebanyak mungkin karena di jalur selo ini tidak ada mata air.
  • Bawalah tenda dengan kondisi prima, karenak angin di merbabu sangat kencang, dan dirikanlah tenda di antara pepohonan agar angin tidak terlalu kencang.
  • Dan terakhir jangan lupa membawa camera untuk mengabadikan moment indah.

Milky Way di Sabana 2

 

 

 

Leave a Reply